Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan cara mengatur (mengorganisasikan) seluruh aktivitas pekeraan dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Manajer dibagi menjadi tiga tingkatan yaitu:
- Top Manager (Manajer Puncak);
- Middle Manager (Manajer Tengah); dan
- Manajer Lini Pertama.
Sebagai seorang manajer yang mempunyai beberapa bawahan, maka dia akan memeliki pekerjaan yang lebih banyak dari pada seorang karyawan biasa. Seorang Manajer akan melanjutkan pekerjaan yang biasa dilakukanya pada waktu dia menjadi karyawan, namu dia juga dapa tidak mengerjakan pekerjaan itu lagi, karena dia akan mengambil tugas baru yang mencakup seluruh pekerjaan. Tugas yang menyeluruh ini merupakan tugas yang bersifat manajerial. Seorang manajer harus merencanakan pekerjjaan untuk orang lain, menentukan apa yang harus dilakukan oleh setiap karyaan, menggerakan mereka untuk melaksanakan pekerjaan sebaik mungkin, serta mengontrol kemajuan mereka. Sebagai pemimpin, manajer harus memiliki pengetahuan yang lebih, tidak hanya mengetahui pekerjaan yang menjadi tugas karyawanya, tetapi dia juga harus mengetahui bagaimana melakukan semua pekerjaan yang menjadi tugas karyawan. Tidak semua manajer dapat menjelaskan bagaimana seharusnya pekerjaan dilakukan, kurang mampu menentukan langkah kerja yang baik. Seorang manajer mungkin kurang mengenal secara mendalam mengenai kepribadian karyawanya, sehingga tidak menutup kemungkinan suatu keputusan yang telah ditetapkan tidak dapat dijalankan dengan baik, hal demikian akan terlihat pada saat hasil akhir yang dicapai.
0 Response to "Manajer dan Manajemen"
Post a Comment